fisika... cinta lama bersemi kembali

fisika...

siapa sih yang ga tau fisika?
fisika adalah adalah sains atau ilmu tentang alam dalam makna yang terluas. fisika mempelajari gejala alam yang tidak hidup atau materi dalam lingkup ruang dan waktu.
oke itu sekilas pengertian tentang fisika. dan gw bukan mau jadi guru disini, biar halamannya gak kepajangan kita potong aja cuap-cuap gak penting ini sampai disini.
zz--zz--zz--zz--zz (ini ngapain sih sebenernya??? -.-a)

dari SMP semua siswa udah dikenalin sama yang namanya fisika. sebenernya udah dari SD sih, cuma dulu masih digabung sama biologi, jadi namanya IPA. pas SMP baru deh di bagi jadi fisika dan biologi. pas SMA ditambah lagi temennya biologi sama fisika, kimia. pas udah kuliah (apalagi kuliah teknik), yang dipelajarin anak cucunya fisika malah. apa gak anak-anak teknik ampe mabok fisika begitu tamat jadi sarjana. gw salut banget sama seorang sarjana fisika yang mampu belajar ilmu itu sampe ngelotok kering gitu.

kenapa tiba-tiba gw bisa jatuh cinta trus sempet berpaling dan akhirnya CLBK sama pelajaran ini?

ceritanya dulu waktu pertama kali masuk SMP, dikenalinlah sama yang namanya fisika. kebetulan guru waktu gw kelas 1 SMP itu ngajarnya enak banget (menurut gw). jadi jatuh cinta lah gw sama sesuatu bernama fisika. kelas 2, agak gak enak nih ketemu gurunya, rada mes*m gitu gurunya (geleuh ih...), tapi berhubung gw nguasain banget materi kelas 1 SMP, jadi gw bisa ngikutinnya dengan gampang.

karena ngerasa bisa itulah, gw nekat ikut seleksi olimpiade sains tingkat kota. dan ternyata gw berhasil masuk 40 besarnya. dari situ gw rajin ikut pelatihannya, setelah pelatihan ada seleksi lanjutan buat tingkat propinsi, dan gw gagal. tapi kegagalan itu gak ngebuat gw jadi sebel sama fisika. justru gw makin rajin belajar fisika setelah itu. dan untungnya kelas 3 SMP gw dapet guru yang lumayan jelas ngajarnya.

begitu masuk SMA, jeng jeng...
gw pikir gurunya bakal gimana banget (secara gw sekolah di sekolah unggulan). taunya gw dapet guru yang jelas-jelas ngebuat pengetahuan gw akan fisika suram. gitu juga kelas 2 SMA, gurunya gak seberapa jelas juga, walaupun lebih baek daripada yang kelas 1. yang parahnya justru di saat fisika dijadiin UN, gw malah dapet guru yang gak genah sama sekali. jujur gw bener-bener buta fisika selama di SMA. pengetahuan gw tentang fisika 0 (nol) banget.

dan sekaraaaaang...
gw kuliah di kampus teknik yang jelas-jelas fisikanya harus kuat. walaupun gw di jurusan teknik industri (manajemennya, bukan manufaktur), tetep harus belajar fisika. dan taukah kalian dosen seperti apa yang saya temui di kampus ini???
oh no, lagi-lagi gw harus ketemu dosen gak genah untuk yang kesekian kalinya. bukannya gimana-gimana sih, tapi kan mahasiswa juga manusia, gak semua yang diajarin kaminya udah tau, jadi ngajarinnya sekali lewat gitu aja.

dan di kampus ini juga gw ketemu sama yang namanya praktikum fisika. emang sih praktikum udah dari SMP juga gw jalanin. tapi praktikumnya beda. jaman SMP sama SMA dulu gak ada yang namanya Tugas Pendahuluan (TP), Tes Awal (TA), Jurnal, Presentasi.

dosen gw sering nanya "masihkah kau mencintai fisika?", hmmm... gimana ya? (kok jadi kayak jawab orang nembak???)
sebenernya bukan gw gak cinta lagi sama fisika, tapi buat belajar fisika itu susah T_T.
tapi berhubung gw punya target yang cukup tinggi buat batas IP gw, mau gak mau harus gw terima tuh cintanya si fisika, biar nilai fisikanya gede, hehe.
so, gw bakal mencoba buat 'mencintai' fisika biar nilai gw bagus. itu sebabnya kenapa saya bilang fisika... cinta lama bersemi kembali. hahahahaha *ngakakgulingguling*
#

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 comment:

Posting Komentar